Artikel

Children categories

MEDIA SOSIAL DAN RAPUHNYA LEMBAGA PERKAWINAN

MEDIA SOSIAL DAN RAPUHNYA LEMBAGA PERKAWINAN (0)

(Sebuah Refleksi)

(Drs..Zulkarnain Lubis MH/Ketua PA. Simalungun)

Pendahuluan

Salah satu dari begitu banyak tanda-tanda (ayat) kekuasaan Allah di dalam Alquran seperti tentang penciptaan langit, bumi, malam, siang dan penciptaan manusia itu sendiri adalah ayat Allah tentang perkawinan. Allah menjadikan  perkawinan sebagai salah satu tanda-tanda kebesaranNya sebagaimana yang tercantum di dalam al Quran surat ar-Rum ayat 21: “Dan diantara tanda-tanda (kebesaran)Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih sayang. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir”.

Dalam ayat tersebut Allah mengatakan salah satu  tanda kekuasaanNya adalah menciptakan manusia berpasang-pasangan supaya mereka menjadi tenteram berkasih-sayang. Allah  menjadikan perkawinan sebagai suatu sarana yang menyatukan dua manusia laki dan perempuan untuk membentuk rumah tangga yang bahagia. Cita-cita ini sejalan dengan pasal 1 Undang-Undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan, yang menyatakan perkawinan adalah ikatan lahir dan batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga  (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan Yang Maha Esa.


Selengkapnya KLIK DISINI

View items...
KEWENANGAN EKSEKUSI PUTUSAN BASYARNAS

KEWENANGAN EKSEKUSI PUTUSAN BASYARNAS (0)

(Sebuah Kajian Terhadap Pasal 59 ayat (3) UU Kekuasaan Kehakiman Dan Pasca Lahirnya PERMA Nomor 14 Tahun 2016)

 

Oleh: Syaiful Annas

 

(Hakim PA Batulicin, Kalsel)

 

A. Latar Belakang

 

Ekonomi syariah merupakan usaha atau kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang perorang, kelompok orang, badan usaha yang berbadan hukum atau tidak berbadan hukum dalam rangka memenuhi kebutuhan yang bersifat komersial menurut prinsip syariah,[1]oleh karena itu lembaga peradilan yang dimaksud untuk menyelesaikan sengketa ekonomi syariah adalah lembaga peradilan yang dalam penyelesaian sengketa tersebut menerapkan hukum berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah Islam.

 

Dalam ketentuan Pasal 49 huruf (i) UU No. 3 Tahun 2006 Tentang Perubahan Pertama atas UU No. 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama, menyatakan secara tegas bahwa Peradilan Agama bertugas dan berwenang menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang ekonomi syariah.[2]

 


 

[1]Pasal 1 Angka 1 Perma Nomor 14 tahun 2016

 

[2]UU No. 3 Tahun 2006 tentang Perubahan Pertama Atas UU No. 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama, Pasal 49 huruf i dan perubahan kedua dengan UU No. 50 tahun 2009.

 


Selengkapnya KLIK DISINI

View items...
KEMBALI KEPADA FITRAH

KEMBALI KEPADA FITRAH (0)

(sebagai harapan yang harus diperjuangkan)

Oleh: Drs. H. Moh. Munawar
(KPTA Gorontalo)

 

Ma’aasyirol mukminiin, rohimakumullaah.
Alhamdulillah, segala puja dan puji serta rasa syukur kami haturkan ke haribaan Allah SWT yang telah mencurahkan banyak rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua, sehingga hari ini kita disempatkan oleh Allah untuk berkumpul di tempat ini guna menunaikan sholat Idul Fitri, setelah semalam suntuk kita lafadzkan takbir, tahlil, dan tahmid, mengagungkan nama Allah, “Allaahu Akbar Walillaahilhamd”.

Hari ini pula dimanfaatkan sebagai kesempatan yang sangat berharga untuk bersilaturrahim kepada orang tua dan sanak famili, untuk itu mereka pada berdatangan dari tempat yang jauh, naik kendaraan dan rela berdesak-desakan, dan bekalpun telah dikumpulkan selama berbulan- bulan, hanya untuk melepas kerinduan pada kampung halaman, sambil saling meminta ma’af atas segala khilaf dan kesalahan.


Selengkapnya KLIK DISINI

View items...
LOMPATAN (EEN SPRONG) HUKUM DALAM PUTUSAN

oleh: Hardinal

 

Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru

 

 

 

A. MUKADDIMAH

 

Di kala mata melalak menyelisik keadaan manusia menghadapi kehidupan sosial di era kekinian tidak jarang seseorang diterpa setumpuk problema, karena diliputi dengan persaingan mengejar kemajuan, memburu kedudukan berupa pangkat dan jabatan, harta dan finansial. Kadang-kadang orang berhasil mencapai apa yang diingininya, tapi sering kali pula mendapat kegagalan serta kandas dalam cita-cita dan persaingan itu. Sebagai kompensasi lantas melintasi jalur cepat dengan cara menabrak hak-hak orang lain, atau enggan menunaikan kewajiban sehingga muncullah permasalahan hukum. Pihak yang hak-haknya dilanggar, atau tidak mendapatkan hak-haknya dari suatu kewajiban, tentu saja menuntut atas pelanggaran hak privatnya, atau atas kewajiban yang tidak ditunaikan oleh pihak yang dibebani kewajiban. Penyelesaiannya, ujung solusi yang ditempuh adalah mengangkat persoalan yang tengah dihadapinya ke meja pengadilan menuntut suatu “keadilan”. Keadilan yang didambakan bukan hanya dirasakannya sendiri, hendaknya dapat dirasakan juga oleh masyarakat dalam konotasi bukan hanya keadilan hukum legalitas, tapi putusan hukum hasil lompatan hukum yang berkeadilan.[1]

Jangan Ajari Kuda Berbicara

Dec 19, 2016 Written by

Oleh: Abdul Manaf

Gegera kuda berbicara, maka rumah tangga pasangan harmonis itu mengalami konflik hebat. Alkisah, ada suami isteri yang hidup sederhana. Dengan perjalanan waktu, mereka mendapatkan karunia harta yang cukup. Sekarang kehidupan mereka sekeluarga menjadi serba ada. Namun, hobi sang suami berkuda sejak muda tidak pernah ditinggalkannya.

Suatu hari, sepulang dari menonton lomba pacuan kuda, sang suami duduk santai di beranda rumahnya yang asri. Tiba-tiba, sang isteri cemberut mendatangi suaminya. “Kenapa kamu isteriku? Kenapa kelihatan kesal seperti itu?” “Lihat ini!” jawab isterinya sambil menyodorkan secarik kertas kecil yang didapatkan dari saku celana suaminya, bertuliskan  ATINAW nama seorang wanita. “Oh, itu nama kuda yang aku jagokan di perlombaan tadi siang,” jawab suaminya tenang, sekalipun hatinya cukup kaget juga. Akhirnya, isterinya kembali tenang dan meminta maaf kepada suaminya.

Selang beberapa lama, ketika malam mulai menyelimuti rumah mereka, sang isteri kembali mendatangi suaminya dengan amarah yang tidak terkendali. “Kenapa lagi isteriku?” tanya sang suami berusaha menenangkan. “Tuh barusan kudamu bernama ATINAW menelepon untuk mencarimu!”

Berumah tangga harus berangkat dari visi dan misi, juga niat dan tujuan yang baik. Seorang beriman harus mendasarkan semua niat dan tujuannya adalah mencari ridha Allah SWT. Tidak terkecuali, di dalam berumah tangga. Sehingga sumber konflik seperti fragmen kuda diatas, akan mudah untuk dijauhi.

Berumah tangga karena Allah, semua yang dihadapi di dalam dinamika rumah tangganya akan berbuah pahala dan kebaikan. Suami yang pandai berterima kasih kepada isterinya, akan melahirkan sikap hormat dan patuh sang isteri kepadanya. Pun demikian, isteri yang pandai berterima kasih kepada suaminya, akan melahirkan sikap hormat dan sayang sang suami kepadanya.

Suami adalah ladang amal dan ibadah bagi isterinya. Demikian juga, isteri merupakan ladang amal dan ibadah bagi isterinya. Suami yang sabar dengan kekurangan isterinya, akan mendulang banyak pahala dari Allah SWT. Isteri yang sabar dengan kekurangan suaminya, akan meraih banyak kebaikan dari Allah SWT. Karena kelebihan masing-masing pasangan akan melengkapi kekurangan mereka masing-masing.

Ketika suami mendapati keadaan isterinya yang mengecewakan hatinya, maka dia buru-buru mencari seribu alasan untuk bisa memaafkan kesalahan isterinya. Ketika isteri menemukan kesalahan suaminya, maka buru-buru dia mengorek-ngorek kebaikan-kebaikan yang pernah diberikan oleh suaminya untuk dirinya, akhirnya isteripun akan dengan ikhlas memaafkan suaminya. Itulah suasana keluarga yang akan mendapatkan berkah dari Allah SWT dalam berumah tangga dari dunia sampai akhirat. [bm]

KORUPSI WAKTU ADALAH KORUPSI UANG*

Oleh: Syaiful Annas

(Hakim PA Batulicin, Kalsel)

1. Pendahuluan

Banyak diskusi tentang korupsi yg dilakukan dikalangan elit maupun pemangku kekuasaan di sana, hal ini membuat orang-orang yang menyaksikan melalui berita di media turut mengkritik bahkan yang ironisnya sampai ikut dalam menjustifikasi. Sadarkah kita bahwa di sekeliling kita banyak kecenderungan korupsi atau bisa jadi secara tidak sadar telah kita telah memiliki perilaku korup.

Dalam Kamus Bahasa Indonesia, korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain, [1] oleh karena itu pemahaman korupsi sering dinisbatkan dengan money (uang).

Korupsi menunjukkan kerusakan atau penyimpangan. Istilah korupsi menyiratkan bahwa ada tindakan penyimpangan dari fungsi atau kondisi standar alami atau normal. Ketika berbicara tentang seseorang menjadi korup, yang dimaksud adalah mereka telah melanggar aturan, norma-norma dasar etika sehingga tidak ada satupun alasan untuk membenarkan tindakan ini.


* Tulisan sederhana ini dibuat atas diskusi ringan dengan Hakim Tinggi Pengawas Bidang PA Batulicin (Drs. H. A. Muzakki, M.H.) seputar memahami waktu dan korupsi dalam dunia kerja, yang kemudian oleh penulis diuraikan sedemikian rupa agar pemikiran beliau secara komprehensif dapat diketahui dan dipahami bersama.

[1] lihat http://kbbi.web.id


Selengkapnya KLIK DISINI

Semua Ada Hikmahnya

Semua Ada Hikmahnya

Aug 29, 2016 Written by

Ambil hikmahnya saja. Pasti ada hikmah dibalik kejadian yang kita alami. Kita tidak tahu ada hikmah apa dibalik kejadian ini. Itu ungkapan yang sering kita dengar, menanggapi suatu peristiwa dalam kehidupan nyata. Saya tidak akan mendefinisikan hikmah itu apa. Hikmah itu pelajaran. Hikmah itu rahasia Ilahi untuk setiap hamba-Nya.

Kejujuran Sebuah Keniscayaan Bukan Pilihan

 1. Pendahuluan

Menurut kamus jujur adalah lurus hati atau tindakan yang tulus dan ikhlas. Menurut saya jujur itu bukan sekedar teori tapi haruslah merupakan tindakan nyata yang di amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

ANALISIS  SWOT DALAM PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA DI PENGADILAN

Abstrak:
Strategi Pemberdayaan Manusia Dalam Upaya Peningkatan Kinerja pada pengadilan, Tulisan ini mengulas tentang  Strategis pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Pengadilan, dimaksudkan  fokus kepada  upaya peningkatan kinerja, dengan harapan penguatan SDM  menjadi benar sebagai pilar utama sebuah organisasi.


Warning: Illegal string offset 'active' in /home/pabanyuwangigo/public_html/templates/zt_newsiv/html/pagination.php on line 94

Warning: Illegal string offset 'active' in /home/pabanyuwangigo/public_html/templates/zt_newsiv/html/pagination.php on line 100

Warning: Illegal string offset 'active' in /home/pabanyuwangigo/public_html/templates/zt_newsiv/html/pagination.php on line 94

Warning: Illegal string offset 'active' in /home/pabanyuwangigo/public_html/templates/zt_newsiv/html/pagination.php on line 100

Warning: Illegal string offset 'active' in /home/pabanyuwangigo/public_html/templates/zt_newsiv/html/pagination.php on line 94

Warning: Illegal string offset 'active' in /home/pabanyuwangigo/public_html/templates/zt_newsiv/html/pagination.php on line 100

Warning: Illegal string offset 'active' in /home/pabanyuwangigo/public_html/templates/zt_newsiv/html/pagination.php on line 94

Warning: Illegal string offset 'active' in /home/pabanyuwangigo/public_html/templates/zt_newsiv/html/pagination.php on line 100
Page 1 of 2
Pendapat Anda tentang website ini ?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
 
Pendapat Anda tentang Pelayanan Pengadilan Agama Banyuwangi ?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
 
HomeBeritaArtikel Top of Page

Lastest News

Lastest Media

Zo2 Framework Settings

Select one of sample color schemes

Google Font

Menu Font
Body Font
Heading Font

Body

Background Color
Text Color
Link Color
Background Image

Top Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Header Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Mainmenu Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Slider Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Mainframe Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Menu Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image
Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image