Pemutaran Video Dokumentasi Inovasi Teknologi Informasi di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Featured

Aug 26, 2016 Written by  Read 41593 times
Rate this item
(0 votes)

Perkembangan Teknologi Informasi (IT) yang sangat cepat telah merambah ke berbagai bidang yang mengakibatkan tingkat efektifitas dan efisiensi seluruh aktivitas dan proses kerja meningkat. Keterbukaan IT dan optimalisasi pelayanan publik menjadi sebuah keniscayaan. Pengembangan IT di lingkungan peradilan agama saat ini sangatlah diperlukan, dimana beberapa proses kerja yang dilakukan masih secara manual.

 

Realitas perkara di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya memiliki jumlah perkara terbesar di Indonesia, sehingga pemanfaatan IT sangat signifikan untuk menunjang penyelesaian administrasi dan pengolahan data perkara. Dengan implementasi IT memberikan manfaat pada peningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan; memudahkan masyarakat dalam mencari informasi dan mengajukan perkara di Pengadilan Agama.

Bertempat di Hotel Haris Malang, Jumat tanggal 17 Januari 2014, bersamaan dengan peluncuran Buku I PTA Surabaya 2013 dengan judul "Konfigurasi & Dinamika Hukum Peradilan Agama" dan Buku II PTA Surabaya 2013 dengan judul "Senarai Pembaharuan Hukum Peradilan Agama" dilaksanakan peluncuran Katalog Inovasi Teknologi Informasi di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dan pemutaran Video Dokumentasi Inovasi Teknologi Informasi di lingkungan PTA Surabaya. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Dr. H. M. Rum Nessa, SH, MH, bersama Wakil ketua Mahkamah Agung RI bidang Non Yudisial Dr. H. Ahmad Kamil, S.H., M.Hum, Ketua Kamar Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Dr. H. Andi Syamsu Alam, S.H., M.H., Ketua PPHIMM Pusat Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, S.H., M.H., Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Drs. H. Purwosusilo, S.H., M.H. serta oleh KPTA Palembang Drs. Yasmidi, S.H., KPTA Samarinda Drs. H. Syamsul Falah, SH., M.Hum, KPTA Pontianak Drs. H. Hasan Bisri, SH.,M.Hum, KPTA Jayapura Drs. H. Abu Amar, S.H, M.H., Waka PTA Kupang Drs. H. Bambang Ali Muhadjir, SH., Waka PTA Mataram Drs. H. Marsaid, S.H.,M.H., dan Waka PTA Surabaya Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H. didampingi beberapa Hakim Tinggi PTA Surabaya beserta Ketua dan Pansek Pengadilan Agama se-Jawa Timur menyaksikan pemutaran video dokumentasi dengan durasi 8 menit yang menampilkan Inovasi Teknologi Informasi yang telah diimplementasikan dibeberapa Pengadilan Agama di Jawa Timur dan di Pengadilan Tinggi Agama Surabaya.


Foto Pemutaran Video Dokumentasi Inovasi Teknologi Informasi PTA Surabaya di Hotel Harris Malang.

Terdiri dari 8 (delapan) aplikasi hasil invovasi yang dilakukan oleh TIM IT Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dan pengadilan " pengadilan Agama di wilayah Jawa Timur. Inovasi tersebut di dokumentasikan dalam suatu buku katalog Inovasi Teknologi Informasi yang berisi pemaparan singkat tentang aplikasi dan pemanfaatnnya di lingkungan pengadilan agama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Pertama, Optimalilasi Pelayanan SIADPA. Aplikasi SIADPA merupakan aplikasi dari Badan Peradilan Agama MA RI yang digunakan oleh seluruh Pengadilan Agama di Indonesia. Dengan penggunaan secara optimal, isian data yang akurat dan implementasi yang berkesinambungan, aplikasi ini digunakan sebagai sumber data dalam penyajian informasi ke masyarakat. Akurasi data menjadi kunci utama, seperti informasi para pihak, informasi persidangan, dan informasi keuangan serta putusan perkara.

Kedua, Pendaftaran Online Perkara. Merupakan aplikasi online yang diinstal pada website kantor pengadilan agama, dimana masyarakat pencari keadilan dapat mendaftarkan perkaranya lewat media online ini. Dengan mengisi data pihak penggugat/pemohon dan data tergugat/termohon perhitungan biaya panjar perkara dapat langsung diketahui sehingga masyarakat mendapat kejelasan tentang perhitungan biaya perkaranya.

Ketiga, Framework Siadpa/Siadpta Online PTA Surabaya. Integrasi dari data SIADPA dan data SIADPTA yang diupload ke Framework Siadpa/Siadpta Online PTA Surabaya ditampilkan dalam satu jendela kerja yang mempresentasikan keadaan perkara di jawa timur. Aplikasi online ini dapat di akses di alamat http://perkara.pta-surabaya.go.id atau http://www.perkara.net. Data perkara seluruh pengadilan agama di jawa timur ditampilkan dalam satu jendela kerja bentuk Grafik dan Tabular.

Keempat, Apliksi SMS Center Perkara. Inovasi Pengadilan Agama Mojokerto dengan memanfaatkan pesan singkat (SMS) yang menjawab pertanyaan para pihak dengan mengirimkan SMS balik berupa informasi perkara, jadwal persidangan dan informasi keuangan perkara. Aplikasi SMS Center menggunakan modem USB GSM untuk mengirim SMS dan database SIADPA sebagai sumber informasinya.

Kelima, Mesin Antrian Sidang Pengadilan Agama. Tim IT Pengadilan Bondowoso mengembangkan mesin antrian sidang yang terintegrasi dengan aplikasi SIADPA serta dapat memanggil langsung nama pihak pemohon/penggugat dan nama pihak termohon/tergugat sesuai dengan urutan nomor antriaanya. Panitera Pengganti dapat menggunakan gadget (table/PC/Laptop) untuk mengontrol mesin antrian, memanggil para pihak dan mengetahui detail perkara yang disidangkan.

Keenam, Smart Card (Kartu Pintar). Sebuah sandi yang dicetak pada kartu perkara sebagai identaitas nomor perkara yang hanya dapat dibaca oleh mesin. Sandi ini berupa QR Code yang umum dipakai pada blackberry, antroid dan gadget lainnya. Smart Card ini dapat digunakan pada Aplikasi Touchcreen yang dilengkapi sistem pembaca QR Code untuk mengetaui informasi perkara, jadwal persidangan dan keuangan perkara. Pada mesin antrian smart card dapat digunakan untuk mengambil nomor antrian persidangan. Smart card dapat juga dibaca menggunakan blackberry, android dan gadget lainnya untuk mengetahui informasi perkara pada Framework Siadpa/Siadpta Online PTA Surabaya.

Ketujuh, Aplikasi Administrasi Permohonan Informasi dan Pengaduan. Aplikasi APIP dikembangkan oleh Tim IT Pengadilan Agama Tulung Agung. Aplikasi ini digunakan untuk mencatat setiap permintaan informasi maupun Pengaduan di Pengadilan Agama. Aplikasi ini terintegrasi dengan sistem antrian sehingga proses pelayanan tercatat secara aktual sesuai waktu yang pelayanannya. Parameter tersebut juga digunakan sebagai salah satu bahan untuk menganalisa efektifitas dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Kedelapan, SMS Auto Report Absensi. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dibidang kepegawaian dengan menajeman absensi yang lebih intensif. Pengadilan Tinggi Agama Surabaya menerapkan sistem absensi menggunakan fingerprint (sidak jari) dan face scan (pemindai wajah) yang terintegrasi dengan mesin SMS, sistem secara otomatis melakukan rekap absensi kehadiran setiap pagi dan rekap absensi pulang setiap sore kemudian mengirimkan SMS ke nomor handphone pimpinan, informasi tentang kedisiplinan dapat secara cepat dan akurat diketahui oleh pimpinan.

Buku katalog Inovasi Teknologi Informasi di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya merupakan dokumentasi perkembangan IT dan implementasinya di beberapa Pengadilan Agama di Jawa Timur dan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya. Buku katalog dapat didownload di Website Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dengan alamat;

Buku Katalog : www.pta-surabaya.go.id/download/file.php?Katalog_IT_PTA-Surabaya.rar

Video : www.pta-surabaya.go.id/download/file.php?Video_IT_PTA_Surabaya.flv

Login to post comments
Pendapat Anda tentang website ini ?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
 
Pendapat Anda tentang Pelayanan Pengadilan Agama Banyuwangi ?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
 
HomeBeritaFokus PengadilanPemutaran Video Dokumentasi Inovasi Teknologi Informasi di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Top of Page

Lastest News

Lastest Media

Zo2 Framework Settings

Select one of sample color schemes

Google Font

Menu Font
Body Font
Heading Font

Body

Background Color
Text Color
Link Color
Background Image

Top Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Header Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Mainmenu Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Slider Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Mainframe Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Menu Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image
Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image