JoomlaLock.com All4Share.net

Kamis, 22 Agustus 2019



         Banyuwangi (19/8/2019), Dalam rangka peringatan Hari ...
         Banyuwangi (17/8/2019), dalam rangka peringatan HUT ...
  E-court merupakan aplikasi administrasi perkara berbasis ...
Pada hari Jum’at (05/07/2019), Ketua Pegadilan Agama Banyuwangi
Puji Syukur kehadirat Allah SWT, tepat pukul 10:00 WIB Senin 17
Puji Syukur kehadirat Allah SWT, tepat pukul 10:00 WIB Jum’at 14
PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL/CALON ...
DEKLARASI PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS
Bagi yang merasa kehilangan STNK dengan Nomor P 6431 VO atas ...
Di awal bulan Ramadhan 1440 H yang bertepatan pada tanggal 06 ...

  E-court merupakan aplikasi administrasi perkara berbasis online bentuk implementasi Peraturan MA No. 3 Tahun 2018 tentang Pedoman Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik tertanggal 29 Maret 2018 dan diresmikan pada 4 April 2018. E-court ini mengatur mulai dari pengguna layanan administrasi perkara, pendaftaran administrasi perkara, pemanggilan para pihak, penerbitan salinan putusan, dan tata kelola administrasi, pembayaran biaya perkara yang seluruhnya dilakukan secara elektronik saat mengajukan permohonan/gugatan perkara perdata, agama, tata usaha negara yang berlaku di masing-masing lingkungan peradilan Komitmen yang dilaksanakan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia ini dapat menjadi pilar dalam mewujudkan peradilan modern yang berbasiskan Teknologi Informasi (IT). 

         Untuk saat ini pengguna yang dapat mengakses layanan Aplikasi e-court hanya terbatas untuk kalangan Advokat saja, dan akan diatur kemudian untuk pengguna perorangan maupun Badan Hukum. Pada awalnya aplikasi e-court ini dikembangkan dalam rangka memperbaiki indeks kemudahan berusaha (Ease of Doing Bussiness/EODB) di Indonesia yang salah satu poinnya adalah penyederhanaan acara peradilan. Jika Aplikasi e-court ini telah diimplementasikan sepenuhnya, bukan sebuah isapan jempol lagi bila pendaftaran perkara perdata (pengajuan gugatan/permohonan) dapat dilakukan dengan bermodalkan perangkat handphone yang terkoneksi dengan jaringan internet (tanpa harus datang ke pengadilan). Dengan demikian proses administrasi perkara dan pelayanan pengadilan akan menjadi lebih sederhana, cepat, berbiaya ringan, transparan dan akuntabel dimana hal ini sesuai dengan Azas Peradilan.

           Aplikasi e-court ini dapat meringkas proses administrasi perkara di pengadilan dengan kuncinya terletak pada fitur-fiturnya, di dalam aplikasi ini terdapat tiga fitur, yaitu E-Filling yang merupakan layanan pengiriman berkas digital secara online, kemudian E-Payment yang berperan dalam pembayaran biaya perkara ke rekening virtual Pengadilan melalui metode transfer baik itu dengan melakukan transfer via ATM, SMS Banking, M-Banking, Internet Banking maupun konvensional. Saat ini, pembayaran secara elektronik dapat dilakukan melalui bank-bank pemerintah yaitu Bank BTN, Bank BRI, Bank BNI 46, Bank BNI Syariah, Bank Mandiri, dan Bank Mandiri Syariah. Fitur berikutnya adalah E-notifications yang sangat berguna bagi para pencari keadilan untuk mengetahui informasi perkara yang diajukannya, misalnya saja notifikasi berupa nomor perkara, notifikasi jumlah biaya perkara yang harus dibayar, dan lain sebagainya. Masih ada satu jurus rahasia lainnya yang dimiliki oleh aplikasi e-court, yaitu e-Summons yang merupakan layanan pemanggilan/pemberitahuan secara online melalui e-mail dengan persetujuan para pihak. Kedepannya, dalam pemanggilan secara elektronik (online) dapat digunakan untuk penerimaan, permohonan/gugatan, jawaban, replik, duplik dan kesimpulan. Proses pembuktian masih harus dilakukan secara konvensional atau manual, tentunya melalui persidangan langsung dihadapan hakim.

        Berkaca dari negeri Kangguru (Australia), e-court menjadi bagian dari proses modernisasi manajemen perkara di negara tersebut dan hal ini menyiratkan bahwa dengan hadirnya aplikasi e-court tentunya akan merubah paradigma aparatur peradilan khususnya dalam bidang administrasi perkara, disamping itu juga akan merubah citra. Pengadilan yang kini semakin canggih dengan adanya peranan Teknologi Informasi (IT). Tentunya penerapan aplikasi e-court ini tidak lepas dari hambatan dan kendala yang ditemukan pada penggunaan oleh masyarakat. Kendala yang dapat diminimalkan dengan sarana pendukung yang baik turut mensukseskan inovasi pemerintah dalam bentuk pengadilan elektronik yang sederhana, cepat dan berbiaya ringan.

 

Referensi :

Ditjenmiltun. 2018. E-court, Era Baru Beracara di Pengadilan(www.ditjenmiltun.net diakses pada tanggal 28 Juli 2019).

Mardatillah, Aida. 2018. Aplikasi E-Court Demi Peradilan Cepat dan Biaya Ringan. (www.hukumonline.com diakses tanggal 29 Juli 2019).

Nathaniel Purba, Gervin. 2018. Pendaftaran Perkara Kini Lebih Mudah dengan e-Court. (www.medcom.id diakses tanggal 29 Juli 2019).

Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara elektronik.

Surya Putra, Putu Merta. 2018. MA Luncurkan Aplikasi E-Court, Apa Itu?. (www.liputan6.com diakses tanggal 28 Juli 2019).

Simangunsong, Gunawan. 2019. “E-court”, Dunia Baru Peradilan Indonesia. (www.kompasiana.com diakses pada tanggal 28 Juli 2019).

Yudo. 2018. Yuk Berkenalan dengan E-Court yang Sebentar Lagi Memasuki Tahap Uji Coba. (http://www.dilmil-jakarta.go.id diakses pada tanggal 28 Juli 2019).

Read 51 times Last modified on Friday, 09 August 2019 10:46
Share this article

About author

Irma Ratna Sari, S.Psi.

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

    ...
Untuk Mengakses Direktori Putusan Klik Disini ...
   Untuk Mengunduh Sitara  Klik Disini  
   Untuk Mengakses Komdanas  Klik Disini  
Untuk Mengakses JDIH MA RI Klik Disini  
Untuk mengakses Siwas MA RI Klik Disini Untuk
Untuk Mengakses E-Court Klik Disini  

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Agama Banyuwangi

Jl. A. Yani No. 106 Banyuwangi

Telp: (0333)-424 325

Fax: (0333)-412 420

Email : pabanyuwangi@gmail.com
Lokasi Kantor

Total Pengunjung

060721
Hari IniHari Ini211
KemarinKemarin211
Minggu IniMinggu Ini845
Bulan IniBulan Ini4754
SemuaSemua60721
35.175.200.4
US
Guest 3

Mengikuti

Masukkan alamat email anda untuk mengikuti berita kami !
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…