JoomlaLock.com All4Share.net

UnKnown, 15 September 2019



         Banyuwangi (19/8/2019), Dalam rangka peringatan Hari ...
         Banyuwangi (17/8/2019), dalam rangka peringatan HUT ...
  E-court merupakan aplikasi administrasi perkara berbasis ...
Pada hari Jum’at (05/07/2019), Ketua Pegadilan Agama Banyuwangi
Puji Syukur kehadirat Allah SWT, tepat pukul 10:00 WIB Senin 17
Puji Syukur kehadirat Allah SWT, tepat pukul 10:00 WIB Jum’at 14
PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL/CALON ...
DEKLARASI PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS
Bagi yang merasa kehilangan STNK dengan Nomor P 6431 VO atas ...
Di awal bulan Ramadhan 1440 H yang bertepatan pada tanggal 06 ...

         Banyuwangi (19/8/2019), Dalam rangka peringatan Hari ulang tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-74 tanggal 19 Agustus 2019 Pengadilan  Agama  mengadakan upacara di halaman Kantor Pengadilan Negeri Banyuwangi. atas kesepakatan untuk mempererat persaudaraan Ikatan sesama instansi dibawah naungan Mahkamah Agung Republik Indonesia, maka upacara peringatan Hari ulang tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-74 dilaksanakan di Pengadilan Negeri Banyuwangi, Sedangkan untuk tahun depan akan berpindah tempat untuk pelaksanaannya di Pengadilan Agama Banyuwangi.

 

      

       Upacara yang berlangsung pada hari Senin tanggal 19 Agustus 2019 dimulai jam 07.00 sampai selesai diikuti oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama dan Pengadilan negeri Banyuwangi, mulai dari pimpinan, hakim, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh pegawai dan Honorer turut serta mengikuti upacara yang berlangsung dengan hikmat.

        Ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi Saiful Arif, SH.,MH. bertindak sebagai inspektur upacara didampingi juga oleh Dr. H. Akhmad Bisri Mustaqim, M.H. Selaku Ketua Pengadilan Agama Banyuwangi beserta Drs. H. Mubarok, M.H. Selaku Wakil Ketua PEngadilan Agama Banyuwangi dan Segenap Pejabat Pengadilan Negeri. Pada kesempatan tersebut beliau membacakan amanat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Pada Hari Jadi Mahkamah Agung Ri Ke-74.

 

           

Dalam amanat tersebut, beliau menjelaskan bahwa “selama implementasi e-court, Mahkamah Agung terus melakukan evaluasi serta melihat peluang-peluang pengembangan aplikasi tersebut di masa yang akan datang. Melalui kelompok kerja yang telah dibentuk, e-court telah dikembangkan lebih lanjut untuk mendorong Badan Peradilan Indonesia memasuki fase berikutnya sebagai peradilan modern melalui pengenalan litigasi. Kebijakan untuk menerapkan e-litigasi telah mendapatkan persetujuan dari Pimpinan Mahkamah Agung untuk melengkapi ketentuan­ - ketentuan dalam hukum acara perdata agar lebih adaptif dengan perkembangan masyarakat.

Peringatan hari ulang tahun Mahkamah Agung ke-74 ini mengambil tema “Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Melayani”, hal ini merefleksikan bahwa saat ini semua lembaga yang memberikan layanan publik dituntut untuk mampu menangkap perubahan yang terjadi di tengah masyarakat, serta mampu melakukan inovasi agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan masyarakat modern saat ini. Sehingga dalam kesempatan ini juga akan diluncurkan e-litigasi dengan disahkan Perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik telah meredesain praktik peradilan Indonesia khususnya terkait sengketa perdata dan Tata Usaha Negara dari sistem konvensional menjadi sistem yang setara dengan praktik peradilan modem yang telah diterapkan oleh negara-negara yang dikenal maju dari sisi teknologi. Kebijakan terkait e- litigasi memuat tiga hal utama sebagai pengembangan dari e-court yaitu pertukaran dokumen elektronik (Jawaban, Replik, Duplik, dan Kesimpulan), Pembuktian Elektronik, dan Penyampaian Putusan Secara Elektronik. Seiring pengesahan kebijakan ini, Mahkamah Agung telah bergerak cepat dengan membuat petunjuk teknis serta melakukan sosialisasi ke Hakim dan aparatur peradilan yang lembaganya akan dijadikan sebagai percontohan dalam penerapan e-litigasi.

Dan bersamaan juga diluncurkan Himne Mahkamah Agung. Himne ini diharapkan bisa mempersatukan tekad, semangat, dan jiwa seluruh warga peradilan serta menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan warga peradilan terhadap lembaga peradilan.

    

Seluruh rangkaian upacara berjalan dengan tertib, lancar dan khidmat, ditutup dengan doa. Setelah upacara dibubarkan maka dilakukan sesi ramah tamah bersama seluruh warga pengadilan PN - PA Banyuwangi, sebelum menuju acara tersebut , segenap susunan acara dilaksanakan diantaranya Sambutan dari masing masing Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Pengadilan Agama Banyuwangi, menyuarakan yel – yel semangat bersama untuk mahkamah agung, pembagian hadiah untuk masing-masing juara lomba yang telah dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan HUT RI 17 Agustus 2019 dan dilanjutkan acara terakhir ramah tamah dengan makan bersama.

   

Read 53 times Last modified on Tuesday, 20 August 2019 10:57
Share this article

About author

Syaiul Ma'ruf, S.Kom

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

    ...
Untuk Mengakses Direktori Putusan Klik Disini ...
   Untuk Mengunduh Sitara  Klik Disini  
   Untuk Mengakses Komdanas  Klik Disini  
Untuk Mengakses JDIH MA RI Klik Disini  
Untuk mengakses Siwas MA RI Klik Disini Untuk
Untuk Mengakses E-Court Klik Disini  

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Agama Banyuwangi

Jl. A. Yani No. 106 Banyuwangi

Telp: (0333)-424 325

Fax: (0333)-412 420

Email : pabanyuwangi@gmail.com
Lokasi Kantor

Total Pengunjung

066707
Hari IniHari Ini266
KemarinKemarin194
Minggu IniMinggu Ini1739
Bulan IniBulan Ini3731
SemuaSemua66707
34.237.76.91
US
Guest 10

Mengikuti

Masukkan alamat email anda untuk mengikuti berita kami !
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…