JoomlaLock.com All4Share.net

UnKnown, 29 Maret 2020



   Banyuwangi (27 - 03 - 2020),Dalam Rangka mencegah penyebaran
Bahwa dengan meningkatnya penyebara Corona Virus Disease 2019 ...
         Selasa, 17 Maret 2020 dilangsungkan acara Pisah Sambut
UCAPAN BELA SUNGKAWA Inna lillahi wainna ilaihi raji'iun ...
Banyuwangi - Selasa 03 Maret 2020 pukul 13.00 WIB telah ...
  Surabaya, Kamis 13 Februari 2020 Bertempat Di Aula Pengadilan
Hari Kamis Tanggal 02 Januari 2020 Penandatanganan dan ...
Kamis (12/12/2019), Drs. H. Bahrussam Yunus, SH,.M.H. selaku ...
  (Banyuwangi 04/11/2011),Dalam rangka memotivasi  Pegawai ...
Pengadilan Agama Banyuwangi menggelar upacara bendera untuk ...

Kamis (12/12/2019), Drs. H. Bahrussam Yunus, SH,.M.H. selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya meresmikan gedung baru Pengadilan Agama Banyuwangi  Kelas 1 A . Gedung baru yang berdiri di lahan seluas 4600 meter persegi tersebut terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto no.52, Banyuwangi.

Luasan gedung baru ini  jauh lebih besar bila dibandingkan gedung lama di Jalan Ahmad Yani yang luasnya hanya 500 meter persegi. Sempitnya gedung lama sering menjadi kesulitan tersendiri, terutama apabila antrean orang yang mengurus permasalahannya membludak. Mereka menempati bangunan lama selama  43 tahun, terhitung sejak 1976.

Dalam peresmian tersebut, Drs. H. Bahrussam Yunus, SH,.M.H. selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya menyampaikan semoga dengan perpindahan Gedung pengadilan agama banyuwangi ini, memberikan sinergi baru baik dari manfaat maupun pelayanannya ke pihak untuk menciptakan keadilan bagi pihak yang berperkara. Selain hal tersebut disampaikan juga bahwa pengembangan inovasi guna mendukung pelayanan para pihak serta menciptakan peradilan yang adil selalu digencarkan, kali ini BADILAG sudah meluncurkan 9 inovasi aplikasi layanan online . salah satu nya aplikasi Notifikasi perkara, yang mana sekarang para pihak dalam mendaftar diharuskan menyerrtakan NIK dan No. Hp . karena nanti para pihak akan mendapat sms dari pengadilan terkait jadwal siding, biaya panjar dan semua yg berkaitan dengan status informasi perkara pihak tersebut . selain itu pihak juga bisa mengakses pada website resmi notifikasi dengan cara resgistrasi No. Hp serta Nik nya pada aplikasi tersebut . seletah selesai registrasi, semua akses informasi status perkara akan bisa di cek sendiri pada aplikasi tersebut.

Selain pemaparan 9 Aplikasi Inovasi, Drs. H. Bahrussam Yunus, SH,.M.H. memaparkan juga bahwa Pengadilan agama juga sudah menerapkan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) instruksi ini dari Mahkamah Agung, agar semua peradilan dibawah atap Mahkamah Agung menerapkan layanan PTSP, guna memudahkan pelayanan ke pihak agar pada satu tempat .

Sementara itu, Ketua PA Banyuwangi, Akhmad Bisri Mustaqim mengatakan, kepindahan PA Banyuwangi ke gedung baru ini sekaligus menjadi spirit baru bagi mereka untuk memperbaiki diri. “Setelah gedung ini selesai, kami bisa memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan yang sederhana, cepat, tidak berbelit-belit dan akuntabel. Intinya, bagaimana mewujudkan pelayanan satu pintu di PA Banyuwangi,” kata Akhmad Bisri.

Selama ini, imbuh Akhmad Bisri, PA lebih dikenal khalayak luas sebagai lembaga yang mengurus perceraian. Padahal, urusannya tak hanya soal perceraian saja. “PA itu menerima dan mengadili perkara bagi masyarakat pencari keadilan, sesuai kewenangan kami, yakni hukum keluarga, hukum waris, hukum wakaf dan hukum ekonomi syariah,” tuturnya.

Tidak ketinggalan juga Bupati Anas dalam sambutan peresmian tersebut juga memaparkan, bahwa revitalisasi gedung-gedung tua ini adalah cita-citanya agar gedung tua tersebut lebih memberikan manfaat. “Saya punya cita-cita tentang gedung-gedung tua di Banyuwangi. Perlu dilakukan revitalisasi agar gedung tersebut bisa digunakan kembali dan memberikan manfaat, termasuk gedung ini,” ujar Anas.

Gedung baru PA ini, dahulu di jaman Belanda merupakan gedung pengadilan negeri (PN). Kemudian, setelah pendudukan Belanda berakhir, gedung ini menjadi aset Mahkamah Agung. PA dan PN  satu atap di bawah MA. Karena PN Banyuwangi sudah memiliki gedung yang memadai, maka bangunan baru ini kemudian diperuntukkan bagi PA yang gedungnya kurang representatif . Adapun bangunan lama, ke depan akan dijadikan sebagai wisma bagi hakim-hakim PA.

 

Peresmian Gedung baru Kantor Pengadilan Agama Banyuwangi diakhiri dengan gunting bunga didepan pintu lobi Kantor Pengadilan agama banyuwangi Oleh Drs. H. Bahrussam Yunus, SH,.M.H. selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dan Bupati Anas. Selanjutnya, diadakan keliling ruangan kantor baru pengadilan agama banyuwangi . 

Peresmian gedung baru PA ini juga dihadiri beberapa tokoh. Antara lain Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jatim, Bahrussam Yunus , Forum  Koordinasi Pimpinan Daerah Banyuwangi, Ketua MUI,  PCNU, PP Muhammadiyah. Pimpinan Perbankan dan instansi vertikal. Ketua PERADI Banyuwangi, Ketua Forum KUA Banyuwangi, para manajer perhotelan, para rektor perguruan tinggi. Kepala SKPD Banyuwangi. Juga para Ketua Pengadilan Agama se-Jatim. (*)

 

Read 378 times Last modified on Tuesday, 17 December 2019 18:42
Share this article

About author

Syaiul Ma'ruf, S.Kom

Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

    ...
Untuk Mengakses Direktori Putusan Klik Disini ...
   Untuk Mengunduh Sitara  Klik Disini  
   Untuk Mengakses Komdanas  Klik Disini  
Untuk Mengakses JDIH MA RI Klik Disini  
Untuk mengakses Siwas MA RI Klik Disini Untuk
Untuk Mengakses E-Court Klik Disini  

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Agama Banyuwangi

Jl. Jaksa Agung Suprapto No 52 Banyuwangi

Telp: (0333)-424 325

Fax: (0333)-412 420

Email : pabanyuwangi@gmail.com
Lokasi Kantor

SMS Notifikasi Perkara:

085233787997

Total Pengunjung

117284
Hari IniHari Ini74
KemarinKemarin291
Minggu IniMinggu Ini1723
Bulan IniBulan Ini8010
SemuaSemua117284
3.235.24.23
US
Guest 2

Mengikuti

Masukkan alamat email anda untuk mengikuti berita kami !
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…